Posted by : Unknown Sabtu, 21 Desember 2013

Tidak berlebihan apabila dikatakan bahwa kelahiran dan perkembangan ilmu fisika yang sebagaimana dikenal sekarang, sesungguhnya baru dimulai setelah terjadi peralihan paradigma mengenai cara dan pendekatan untuk mencari kebenaran. Menurut paradigma yang dipelopori oleh para ahli falsafah besar, Aristoteles, Plato, dan Socrates, kekuatan logika dan penalaran deduktif merupakan bekal dan proses yang dapat 'menemukan' kebenaran (syllogism). Paradigma yang dirintis oleh Frances Bacon, dan diperkuat oleh Galileo dan Newton, telah membuka cakrawala baru yang menganut epistemologi sebagai 'jalan raya' menuju kebenaran ilmiah. Menurut paradigma baru ini, proses mencari kebenaran dapat pula bersifat induktif, dan verifikasi kebenaran harus berdasarkan fakta yang teramati dan/atau terukur. Sebagai akibatnya, ilmu pengetahuan pada umumnya mempunyai validitas terbatas, bergantung pada kemampuan pengamatan kita. Paradigma inilah yang menekankan landasan empiris pada ilmu pengetahuan alam pada umunya, dan fisika pada khususnya.
Perkembangan fisika sebagai proses siklus interaksi eksperimen dan teori yang berkesinambungan, yang sebenarnya berlaku pula untuk perkembangan IPA pada umumnya. Sebetulnya, 'cerita' mengenai peran dongengnya sudah bertebaran di sejumlah buku ajaran maupun buku bacaan 'informal'.
Aspek terkait yang tidak kalah pentingnya dan sejauh ini kurang mendapatkan perhatian, adalah interaksi antara fisika dan bidang ilmu lain yang menghasilkan berbagai ragam ilmu interdisiplin, serta interaksinya dengan teknologi. Dalam proses interaksi tersebut, telah terjadi terobosan-terobosan penting akibat efek penyuburan silang (crossfertilization). Aspek ini perlu mendapat penekanan untuk mengurangi pandangan stereotipe masyarakat kita mengenai fisika yang terkesan mandul. Padahal, tiada satu negara maju masa kini yang tidak menguasai sains pada umunya dan fisika pada khususnya, karena perannya sebagai tulang punggung teknologi maju.
 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

lumba-lumba

ingat waktu

Popular Post

Blogger templates

- Copyright © Asyik Belajar Fisika -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -